" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Epidemiologi dalam Diagnosa Penyakit Penting pada Ayam

Epidemiologi dalam Diagnosa Penyakit Penting pada Ayam

Epidemiologi dalam Diagnosa Penyakit Penting pada Ayam

picsart_11-12-01-21-14
Hi, Ornithers! 
Kuliah Umum Ornithologi kembali dilaksanakan pada Jum’at, 11 November 2016 yang dibawakan oleh Sumarno, DVM. Kali ini, drh. Sumarno membawakan materi mengenai “Epidemiologi dalam Diagnosa Penyakit Penting pada Ayam.” Ada 9 poin penting yang dibahas. Simak cerita selengkapnya!
  1.  Kondisi Lapangan
  2. Dasar Analisa Lapangan
    • Analisatori : Pendekatan berdasarkan waktu. Misalnya, dari periode a ke b
    • Analisa lapang: antara kandang. bersangkutan pada Manajemen unggasnya
  3. Prevalensi Kasus:  jumlah kejadian. Apakah terus-menerus terjadi? seperti CRD yang diinduksi oleh debu. Pada kandang  close-house system, dicek inlight berdebu atau tidak (inlight rata-rata bertahan selama 5 tahun).
  4. Makna gejala klinis: peran dokter hewan diperlukan dan dibutuhkan sensitifitas dalam menanggapi perubahan tersebut. Contohnya, pertahanan imun ayam pada saluran pernafasan adalah cilia. Amonia bersifat iritan dan racun. Kandungan amonia tidak boleh lebih dari 10ppm dalam kandang. Pengecekan ada tidaknya amonia dapat dilakukan dengan uji kertas lakmus. Bila terbukti ada, warna lakmus akan berubah hijau tua. Amonia dapat merusak cilia tersebut dan menyebabkan implikasi seperti imunosupresi. Pemeliharaan ayam terpacu untuk menekan kadar amonia. amonia bisa berasal dari feses untuk itu perlu diatur kualitas sekam dan ventilasi.
  5. Pertahanan ND : Ayam memiliki kelenjar khusus, yaitu herdirian. Duck beatle atau yang akrab dipanggil frengie bersifat karnivora. Telurnya berada pada lubang-lubang hingga kedalaman 5-6 meter. Strategi pengendalian kutu amat berperan dalam manajemen pemeliharaan ayam. Frengie sendiri adalah faktor penyebab Gumboro (IBD). Bila reservoir tidak dibrantas  dapat berbahaya. Terutama pada cuaca ekstrem. Kutu ini dapat terbang hingga 1 km selain itu tahan terhadap desinfektan. Formalin tidak berpengaruh. Desinfektan Chlorphyrifos dapat digunakan dan dipakaikan setelah panen (5 minggu) atau tergantung harga ayam dengan cara disemprotkan dari luar ke dalam kandang. Sedangkan telurnya menggunakan sipermetrin. Namun, kotoran ayam harus dibersihkan terlebih dahulu, dikarungi, dan kandang dibersihkan dengan deterjen agar sanitasi efektif. Selain murah, NaOH atau deterjen dapat mendegenerasi kapsul virus dan bakteri.  Soda api juga dapat ditambahkan. Secara umum, desinfeksi dapat disemprot dengan desinfektan golongan glutaraldehide, fenol (untuk jamur), maupun aldehid.
  6. Morbiditas (penularan) dan mortalitas (angka kematian): penyakit memiliki karakteristik masing-masing. Seperti ND merupakan aero-disease. Marek adalah contoh penyakit Morbiditas rendah.
  7. Derajat keparahan kasus: tingkat keparahan penyakit pada peternakan berfokus pada kelompok (flock). Tidak seperti hewan kesayangan yang tingkat keparahannya berdasarkan individu itu sendiri.
  8. Hasil uji laboratoris: misalnya, virus AI dan ND yang sulit dibedakan.
  9. Sampling dalam Nekropsi:
    • Sampling: karakteristik ayam yang sakit adalah sendirian, dan memojok di kandang karena disia-siakan oleh kawanannya. Sampling diambil 5 dari 4 sudut dan 1 di tengah populasi.
    • Nekropsi: Lakukan pemeriksaan luar. Apakah terdapat lesio? misalnya, ada cyanosis dan lesio pada trakea. Teknik eutanasi da[at dilakukan dengan menyembelih di saraf, arteri, dan vena jugularis atau menyuntikkan gelembung ke dalam otak.

Sekilas Info!

  • Q: Apakah Perbedaan AI VS ND VS Gumboro (IBD)?

A: Proventrikulus bersifat asam yang berarti bakteri akan mati. AI tidak tahan asam akibatnya bila dapat bertahan hanya dapat menimbulkan ptechie di atas dan hanya superficial, squamosa. ND virus tahan asam. Infeksi akan sampai profundal posterior hingga menimbulkan keropeng hitam. Sedangkan  IBD, akan terjadi lesio antara proventrikulus – ventrikulus (junction). Bursa fabricius berkaitan dengan IBD oleh virus. Jantung pendarahan pada lemak jantung merupakan ciri AI.

  • Bila saluran reproduksi kanan tetap tumbuh berarti sakit estrogenik, yaitu Infeksius Bronchitis. 
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *