" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Kuliah Umum dan Kunjungan Rumah Potong Unggas (RPU)

Kuliah Umum dan Kunjungan Rumah Potong Unggas (RPU)

Himpunan Ornithologi dan Unggas bekerja sama dengan DKM An-Nahl Fakultas Kedokteran Hewan IPB bersama-sama mengadakan “Kuliah Umum dan Kunjungan RPHU (Rumah Potong Hewan-Unggas)” oleh Drh. Tri Kisowo Jumino, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, tanggal 3 Oktober 2015. Tema kegiatan tersebut adalah Manajemen RPHU dan Pemotongan Unggas Halal. Perkuliahan ini diikuti oleh 94 orang peserta. Acara ini bertempat di RK Reproduksi Kampus IPB Dramaga.

Acara dibuka pukul 08.00 WIB oleh master of ceremony, Sutan Mangasa H. Sebelum perkuliahan dimulai terdapat sambutan dari ketua pelaksanaan Edwin Kordinata, kemudian perkuliahan dimulai oleh Drh. Tri Kisowo Jumino. Beliau menyampaikan bahwa saat ini permintaan pasar terhadap daging ayam mengalami peningkatan sehingga usaha RPHU merupakan usaha yang potensial. RPHU merupakan bangunan yang memenuhi standar untuk proses pemotongan unggas, memuat peralatan-peralatan yang diperlukan dalam proses pemotongan unggas, dan sudah diatur sedemikian rupa agar dapat berfungsi secara ergonomis. Beliau menjelaskan mengenai proses pemotongan ayam di RPHU. Proses ini terdiri atas berbagai tahapan, melalui berbagai ruangan yang telah disiapkan dalam kompleks RPHU. Di Indonesia, hal yang menjadi perhatian khusus adalah pemotongan ayam secara halal, oleh karena itu proses pemotongan ayam di Indonesia dilakukan dengan halal oleh juru sembelih halal (juleha). Acara kuliah ditutup pukul 10.00 WIB dengan pemberian plakat dan bingkisan oleh ketua pelaksana, ketua Himpro Ornithologi dan Unggas, serta ketua DKM An-Nahl.

Pada pukul 10.00, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Potong Hewan-Unggas di FKH IPB. Drh. Tri Kisowo Jumino kembali memberikan pengarahan mengenai ruang, peralatan, serta proses yang terj
adi pada setiap titik di dalam RPHU. Peserta diajak berkeliling area RPHU dan disilahkan melihat langsung proses persiapan pemotongan ayam. Pukul 11.30 WIB, peserta kembali ke RK Reproduksi dan menikmati acara hiburan serta makan siang. Acara ditutup secara resmi pada pukul 12.30 WIB.

dibuat oleh: Intan Anindita Suseno (B04120114)

#DivisiPendidikan

#Himpro_Ornith

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *