" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Magang Libur di Farm Ayam Layer Tenjolaya Sukabumi PT Mensana Aneka Satwa

Magang Libur di Farm Ayam Layer Tenjolaya Sukabumi PT Mensana Aneka Satwa

Farm tenjolaya merupakan farm yang bergerak dalam bidang ayam leyer/ayam petelur. Farm ini terletak di pegunungn desa tenjolaya kabupaten Sukabumi.Farm tenjolaya sendiri merupakan bagian dari PT Mensana Aneka Satwa yang berkantor di Jakarta. Magang kloter I himpro ornithologi dan unggas dilaksanakan pada tanggal 12-17 januari 2015. Peserta magang pada kloter I berjumlah empat orang. Magang kloter II himpro ornithologi dan unggas dilaksanakan pada tanggal 18-23 januari 2015 yang juga berjumlah empat orang. Hari pertama magang, kami melakukan kunjungan ke kandang produksi dan bertemu dengan Pak Lamin yang merupakan manager farm.

Hari kedua magang, seperti biasa kami terlebih dahulu menemui Pak Lamin untuk mendapatkan arahan. Pada hari kedua, magang dilakukan di gudang telur yang merupakan tempat penampungan telur yang dipungut dari kandang sebelum disalurkan distributor ke pasar maupun ke agen-agen telur. Di gudang telur terdapat sebuah ruangan untuk telur yang belum didistribusikan. Biasanya telur yang belum didistribusikan disimpan selama 1-2 hari dan telur yang sudah di kumpulkan dengan trei dipindahkan ke peti. Masing-masing Peti berisi 15 kg telur. Setelah ditimbang kemudian peti disusun rapi selanjutnya akan dinaikkan ke atas truk dan telur siap di salurkan ke pasar.

14249329483541424932951602
Pada hari ketiga magang dilanjutkan ke gudang pakan. Disana kami bertemu pak asep yang merupakan alumni Fapet IPB dan bertugas dalam hal formulasikan pakan. Kami belajar banyak dari pak asep mengenai masalah pakan. Terdapat 2 jenis yang ada di farm. Pertama, pakan yang berasal dari pabrik dan satu lagi pakan yang di formulasikan sendiri oleh farm. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pakan mana yang lebih bagus. Hasil yang didapatkan selama ini kedua pakan mempunyai kualitas yang tidak jauh berbeda. Pada magang ini dijelaskan juga mengenai cara memformulasikan dan takaran-takaran bahan ransum yang baik untuk ayam.

14249638968231424963910870

Hari keempat magang dilanjutkan dengan melakukan pengamatan di kandang DOC. Terdapat dua kandang DOC, hanya satu kandang yang beroperasi yang satunya lagi kosong. Di kandang DOC kami belajar bagaimana managemen kandang yang baik. Seperti pentingnya pencahayaan dan bagaimana penintensifan pemberiaan pakan pada DOC sangat mempengaruhi pertumbahan ayam selanjutnya. Pada tahap DOC, farm selalu berusaha untuk penyeragaman pertumbuhan DOC agar mempunyai siklus reproduksi yang sama saat ayam masuk kandang produksi terutama berat badan. Serta dilakukan dilakukan potong paruh untuk mengurangi kanibalisme antar ayam pada tahap DOC.

Hari kelima magang di tenjolaya farm dilakukan di kantor untuk belajar administrasi. Disana kami kembali bertemu Pak Lamin yang menjelaskan bagaimana pentingnya masalah administrasi pada peternakan ayam. Di tenjoloya farm setiap kagiatan maupun masalah dalam kandang harus dicatat. Seperti kematian ayam per hari, produksi telur per kandang/hari. Telor retak pun tak luput masuk catatan buku kantor.

1424963987805magang1

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *