" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Kontes Ayam Ketawa Nasional (KAKNAS) Plus 2014

Kontes Ayam Ketawa Nasional (KAKNAS) Plus 2014

Himpro Ornithologi dan Unggas Fakultas Kedokteran Hewan IPB bekerja sama dengan Persatuan Penggemar dan Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia (P3AKSI) menyelenggaraan Kontes Ayam Ketawa Nasional 2014. Acara ini digelar di Lapangan Kampus Pascasarjana IPB Baranansiang, Bogor, pada hari Minggu, 28 September 2014. Kontes Ayam Ketawa Nasional ini didukung oleh Kementrian Pertanian RI dan Pemerintah Kota Bogor.

Direktur Kesehatan Hewan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementrian Pertanian RI, drh. Pujiatmoko, Ph.D menghadiri acara ini. Selain itu, acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Bogor, Ir. H. Azrin Syamsuddin, M.Si serta Dekan Fakultas Kedokteran Hewan IPB, drh. Srihadi Agungpriyono, Ph.D, PAVet (K).

Tujuan diselenggaraannya acara ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi seluruh pecinta ayam ketawa se-Indonesia. Kontes Ayam Ketawa Nasional 2014 diikuti oleh 140 peserta dari berbagai daerah. Komunitas ayam ketawa daerah dari berbagai kota di Indonesia berkumpul dalam ajang ini. Mereka berasal dari Bogor, Jakarta, Cirebon, Lampung, Kalimantan, Sulawesi dan berbagai daerah lainnya. Acara ini dibuka secara resmi pada pukul 08.45 WIB oleh drh. Pujiatmoko, Ph.D.

Terdapat lima kategori perlombaan dalam kontes ini, yaitu slow, dangdut, disko atau gretek, remaja, serta kerajinan bunyi. Kategori slow dan dangdut dilombakan dalam tiga babak penyisihan, sedangkan kategori disko, remaja, serta kerajinan bunyi dilombakan dalam dua babak penyisihan.

Pertandingan pada tiap sesi berlangsung selama 25 menit, dengan alokasi waktu 5 menit untuk persiapan, 15 menit untuk pertandingan inti, serta 5 menit untuk penilaian dewan juri. Terdapat tiga orang dewan juri. Dewan juri menetapkan peserta-peserta yang lolos ke babak final. Dewan juri berasal dari P3AKSI. Pertandingan babak penyisihan dari masing-masing kategori diselenggarakan sejak pukul 09.00 WIB hingga 15.30 WIB. Selanjutnya, pertandingan babak final dimulai pada pukul 16.00 WIB.

Pemenang juara I, II, dan III dari masing-masing kategori mendapatkan trofi dari Kementrian Pertanian RI. Pemenang juara I, II, dan III kategori slow adalah Agus dari Solo, Udin dari Lampung, serta Aco dari Jakarta. Pemenang juara I, II, dan III kategori dangdut adalah Wahyu dari Purwokerto, Ziva dari Tangerang, dan Dr. Budiarto dari Bondowoso. Pemenang juara I, II, dan III kategori disko adalah Acksa dari Cipinang, Andi dari Jakarta, dan Tamsiono dari Cibinong. Pemenang juara I, II, dan III kategori remaja adalah H. Agus dari Lampung, Antonio dari Madura, serta R. Khoidudin dari Cirebon. Pemenang juara I, II, dan III kategori kerajinan bunyi adalah Sunarso dari Sawangan, Milan dari Cirebon, serta M. Gerry dari Lampung.

Sepuluh besar pemenang pertandingan final dari masing-masing kategori berhak mengikuti babak grand champion. Peserta babak ini memperebutan trofi Rektorat IPB. Pemenang pertandingan babak grand champion adalah Agus dari Solo. Selain itu, juga terdapat gelar khusus yaitu gelar juara umum. Gelar ini diberikan pada komunitas daerah yang paling banyak memenangkan pertandingan. Gelar juara umum Kontes Ayam Ketawa Nasional 2014 diberikan kepada komunitas pecinta ayam ketawa Kota Lampung. Komunitas ini berhak mendapatkan trofi Wali Kota Bogor.

Tidak terhitung berapa jumlah ayam yang telah memeriahkan acara ini. Suara merdu ayam ketawa telah meramaikan suasana Lapangan Kampus Pascasarjana dari pagi hingga malam hari. Kegiatan pada acara Kontes Ayam Ketawa Nasional 2014 ini tidak hanya perlombaan saja, namun juga adanya pembagian doorprize untuk para pemilik ayam ketawa yang mengikut sertakan ayamnya dalam perlombaan. Hadiah utama adalah satu unit motor dan satu ekor ayam ketawa betina senilai Rp 10.000.000,00.

Pada penghujung acara, ketua panitia Noor Rohman Setiawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu berjalannya acara Kontes Ayam Ketawa Nasional 2014. Tidak lupa, ia juga berterimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Ia berpendapat bahwa pelestarian ayam ketawa harus senantiasa dilakukan karena ayam ketawa merupakan salah satu budaya bangsa yang harus kita patenkan dan kita jaga.

 14223644249021422363938819

Share

3 thoughts on “Kontes Ayam Ketawa Nasional (KAKNAS) Plus 2014

  1. Himpro Ornitologi dan Unggas Post author

    Halo. Kontes ayam ketawa akan diadakan kembali pada 18 September 2016 di IPB Baranangsiang, Bogor. Terima kasih

  2. aziz demak

    salam ayam ketawa saya mohon kapan ada acara kontes ayam ketawa lagi mohon diadakan di semarang terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *