" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Review : Flu Burung dan Pandemi

Review : Flu Burung dan Pandemi

Oleh : Dian Kristanti (FKH 2011)

Masih jelas ingatan mengenai SARS dan flu burung H5N1, kini hadir kembali H1N9. Virus flu burung varian baru yang tengah menyebar di Cina hingga memakan korban jiwa 14 orang.

Flu burung atau Avian Influenza merupakan penyakit yang menyerang unggas yang disebabkan oleh virus influenza. Viru influeza sendiri termasuk ke dalam famili orthomyxoviridae dengan tipe A, B, dan C. Pada tipe A terdapat subtipe H1 sampai H15 dan N1 sampai N9, sehingga ada 135 kombinasi dari subtipe tersebut. Dewasa ini influenza pada manusia disebabkan oleh virus H1N1, H2N2 dan H3N3 dan virus AI H5N1, H9N2, H7N7 dan H1N9. Namun dalam kenyataanya virus ini sangat mudah untuk bermutasi sehingga resisten terhadap antivirus.

Pada unggas yang terkena flu umumnya ditandai dengan kerontokan bulu dan penurunan produksi, bahkan jika sudah akut dapat menyebabkan kematian. Ludah, cairan hidung dan tinja unggas yang sakit merupakan jembatan utama penularan flu pada unggas yang lain dengan masa inkubasi 1-3 hari. Maka dengan demikian pencegahan melalui desinfeksi dan vaksinasi perlu mendapat perhatian khusus. Selain itu sebagai antisipasi pencegahan penularan flu burung ke manusia, kebersihan lingkungan dan pola hidup sangat diperlukan. Seperti memasak daging atau produk unggas hingga matang dengan mencucinya terlebih dahulu sebelum dimasak. Ingat, virus flu burung akan mati pada suhu 80oC  selama satu menit.

Melihat mudahnya virus bermutasi, flu burung dikhawatirkan menjadi pandemi ketika dapat menular melalui orang yang terkena flu burung pada orang yang sehat. Sehingga diperlukan langkah stategik untuk menyiapkan dan mencegah terjadinya pandemi yaitu antara lain meningkatkan kerjasama antar dunia kedokteran hewan dengan dokter dan peternakan, antisipasi pengadaaan dan penelitian vaksin secara kontinyu, penyuluhan yang intens serta keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat dalam penaggulangan pandemi.

Share

One thought on “Review : Flu Burung dan Pandemi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *