" />
Himpro Ornithologi dan Unggas FKH IPB

Sanitasi untuk Keberhasilan Kandang

Sanitasi untuk Keberhasilan Kandang

Sanitasi dan Desinfeksi  Kandang. Itulah topik perkuliahan umum yang diselenggarakan Minat Profesi Ornithologi dan Unggas pada tanggal 27 April 2012 lalu. Perkuliahan ini dibawakan oleh drh. Suhardi dari PT Sanbe. Perkuliahan ini diikuti oleh semua anggota Mipro Ornithologi dan Unggas serta beberapa dari luar anggota mipro. Perkuliahan dimulai dari pukul 16.00 s.d. 18.00 WIB.

Berikut ringkasan perkuliahan Sanitasi dan Desinfeksi Kandang.

Sanitasi merupakan usaha pencegahan penyakit dengan cara menghilangkan atau mengatur faktor-faktor lingkungan yang berkaitan dengan perpindahan penyakit tersebut. Sedangkan, desinfeksi adalah menghancurkan/membunuh mikroorganisme patogen penyebab penyakit dengan bahan kimia atau secara fisik pada lingkungan, kandang dan peralatannya. Ada desinfektan yang berarti  campuran atau tunggal zat kimia cair yang bersifat nonselektif, yang digunakan untuk desinfeksi. Selain itu, ada pengertian antiseptik, yaitu zat yang menghambat atau meghancurkan mikroorganisme pada jaringan hidup, sedangkan desinfektan untuk benda mati.

Sanitasi dan desinfeksi pada unggas dilakukan pada waktu-waktu tertentu. Persiapan kandang (sebelum DOC datang dan sebelum DOC masuk kandang). Beberapa tahapan yang perlu diperhatikan pada saat sanitasi, seperti sanitasi kandang dan lingkungan, mengkapur kandang, memberi litter, memasang alat pemanas, menempatkan alat minum dan pakan, memasang tirai kandang, dan sanitasi ulang. Mengingat pentingnya program sanitasi tersebut sebagai salah satu bentuk menajemen kandang, maka dapat disimpulkan sanitasi adalah kunci keberhasilan peternakan.

Beberapa kelompok yang termasuk ke dalam desinfektan, yaitu alkohol, halogen, fenol, kresol, aldehid, oksidator, dan quaternary ammonium compounds. Mekanisme kerja desinfektan antara lain. 1. Merubah permeabilitas membran, 2. Merusak protein M.O, 3. Merusak material genetik. Sedangkan, syarat untuk desinfektan sendiri, yaitu Bersifat germisidal paling tinggi, Tidak toksik, untuk manusia dan hewan, Efektif dengan adanya bahan organic, Antikorosif, Tidak menimbulkan bau yang menyengat, Mudah didapat dan tidak mahal.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *